Kumpulan Game Edukasi Anak Paud Terbaik

Kumpulan Game Edukasi Anak Paud Terbaik Belajar sambil bermain merupakan cara belajar yang diterapkan pada anak usia dini seperti halnya metode pembelajaran yang dilakukan di playgroup dan PAUD. Melalui aktivitas bermain sang guru atau tenaga pendidih bisa memberikan rangsangan pada tumbuh kembang anak dengan target pencapaian tingkat tertentu melalui penerapan metode belajar seperti ini agar perkembangan kognitif, apektif dan psikomotoriknya dapat berkembang secara optimal.

Anak usia dini memiliki taha perkembangan bermain yang beragam dari mulai usia 3 bulan sampai 1 taun adalah usia anak dalam tahap eksplorasi. Pada usia 1 tahun sampai 6 tahun adalah usia anak dalam tahap permainan di mana anak akan mulai tertarik dengan mainan dan memainkannya. Pada usia 6 tahun sampai 12 tahun adalah usia anak dalam masa tahap bermain di mana anak akan lebih senang bermain bersama teman sebayanya. Dan pada usia 12 tahun ke atas adalah usia anak dalam taap melamun di mana anak akan memasuki masa puberitas, anda bisa langsung download game edukasi anak android gratis.

Kumpulan Game Edukasi Anak Paud Terbaik

 

Game Edukasi Anak 2 Tahun

Untuk anak usia dini, terdapat berbagai macam jenis permainan anak seperti :

  1. Bermain Di Dalam Ruangan

Permainan ini adalah jenis permainan indoor dengan beberapa pilihan permainan berupa mencar teman yang bertujuan mengajak anak untuk banyak bergerak dan berlari serta meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial antar sesama teman kelasnya, tepuk bersama sambil bernyanyi atau meneriakan yel-yel dengan tujuan melatih kekompakan dan kerjasama, bermain peran dengan tujuan melatih bahasa, seni, sosial emosional, motorik halus, dan kognitif anak, dan bermain plastisin yang bertujuan mengembangkan senim motorik halus dan kognitif anak seperti halnya permainan peran.

  1. Bermain Di Luar Ruangan

Permainan ini adalah jenis permainan outdoor seperti menjala ikan salah satunya. Cara memainkan permainan ini ialah dengan mengelompokkan anak yang terdiri dari 2-3 anak untuk tiap kelompoknya sambil bergandengan tangan. Anak-anak ini seolah berperan sebagai jala ikan dan untuk anak-anak lainnya yang tidak bergandengan tangan berperan sebagai ikan yang bebas berlarian di sekitar jala.

Komando bermain permainan menjala ikan ini dapat diintruksikan dengan meniup pluit yang dipandu oleh guru atau tenaga pendidik. Setelah pluit berbunyi anak-anak yang berperan sebagai jala dapat mulai mengurung anak-anak yang berperasn sebagai ikan.

Aturan permainanya adalah gandengan tangan anak yang berperan tidak boleh sampai bercerai berai dan tiap anak yang menjadi ikan harus berhasil dijala. Ketika semua ikan sudah tertangkap maka permainan pun berakhir.

  1. Bermain Dengan Alat

Jenis permainan untuk anak usia dini berikutnya adalah bermain dengan alat. Diantara jenis permainan ini adalah mana sepatuku, kartu angka, lompat tali, bermain kelereng dan puzzle.

  1. Bermain Tanpa Alat

Dan untuk jenis permainan yang terakhir adalah bermain tanpa alat. Permainan yang termasuk ke dalam jenis permainan seperti ini adalah permainan kucing dan tikus di mana alur permainannya hampir serupa dengan menjala ikan, permainan gobak sodor atau permainan hadang (tradisional), permainan hijau-hitam, permainan elang dan ayam dan masih banyak lagi.

Baca juga : Game Edukasi Anak Android Terbaik

Itulah beberapa jenis permainan yang dapat dimainkan oleh anak usia dini untuk menstimulasi tumbuh kembang kognitif, apektif dan spikomotoriknya.

Kumpulan Game Edukasi Anak Paud Terbaik | ali sukses | 4.5